Selasa, 11 Februari 2014

KELUHAN DAN SOLUSI MASALAH JUPITER MX

Untuk pengguna motor jupiter MX mungkin sudah mengalami hal dibawah ini, atau bahkan belum pernah merasakan hal ini. Dimana pada motor ini sering  adanya masalah yang sifatnya sering dijumpai. Untuk itu akan dibahas permasalahan yang sering terjadi pada yamaha jupiter MX dengan tahun produksi 2008 kebawah, karena pada produksi diatas 2008 jarang dijumpai permasalahan yang serupa. Permasalahan tersebut antara lain adalah sok belakang yang terasa tidak stabil, kipas radiator yang mati, kampas kopling yang gosong dan gigi 4 yang ngedrop.
Untuk permasalahan pertama adalah sok belakang yang tidak stabil, khususnya pada saat melewati jalan yang jelek. Sehingga terasa ngayun dan kurang nyaman. Permasalahan ini memang terjadi dikarenakan sok yang terlalu empuk sehingga reboundnya terasa lambat. Solusinya adalah pergantian shockbreaker dengan versi aftermarket seperti YSS, KTC dll yang karakternya lebih keras.
Kipas radiator yang tidak berfungsi. Pada kipas radiator akan hidup dan aktif sesuai dengan perintah sensor panas(thermo swicth) yang terdapat di samping blok mesin sebelah kanan. Sensor tersebut akan menyala bila suhu mesin mencapai 95-98 derajat. Tetapi kadang kipas ini tidak bekerja atau kadang hidup kadang tidak, sehingga dapat menyebabkan panas yang berlebih dan akhirnya terjadi overheating. Hal diatas terjadi dikarenakan thermoswitch yang rusak dan harus diganti dengan yang baru.
Kampas kopling gosong, hal ini terjadi biasanya dikarenakan volume oli yang kurang. Sehingga pelumasannya kurang merata dan ada bagian yang tidak terlumasi dengan baik khususnya pada area kampas kopling.  Solusinya adalah dengan menambahkan volume oli sekitar 0,2 liter. Kemudian dibuat jalur oli baru pada rumah kopling dengan cara melubangi rumah kopling pada sisi luar secara merata.
Gigi 4 terasa tidak bertenaga, ini merupakan adanya keluhan yang sering terjadi dimana gigi 4 motor ini terasa sangat lambat dan tenaganya terasa ngedrop. Ini dikarenakan campuran bensin dan udara yang terlalu basah, dikarenakan ukuran main jet yang terlalu besar(standar pabrik pilot jet 20, main jet 105) bisa diganti yang lebih kecil khususnya pada main jet. Diganti dengan kepunyaan suzuki satria 2-tak yang ukurannya 97,2.

Sumber :bahasotomotif.com

Yamaha Jupiter MX Impression



Yamaha Jupiter MX memang bukan motor baru lagi. Namun saya belum lama mencobanya. Motor ini bisa disebut cub dengan kapasitas terbesar, dibawah Satria FU yang lebih sering dianggap motor sport.

Yamaha Jupiter MX ini agak berbeda dengan cub Yamaha versi sebelumnya yaitu Jupiter Z dan Vega, karena posturnya yang tinggi sehingga tidak terkesan mungil. Mungkin menyesuaikan dengan kapasitas mesin yang gambot.
Begitu naik ke sadel motor ini, memang tetap khas Yamaha. Walaupun posisi stang lebih tinggi, namun karena saya sudah lama naik Shogun jadi tidak terlalu berbeda dengan stang yang lebih tinggi. Begitu starter dihidupkan, suara mesin memang terdengar gahar dan agak ngebass, mungkin faktor knalpot menentukan.
Siluet
Siluet motor ini terlihat sporty, namun sepertinya tarikan garisnya agak terlalu kalem. Penggunaan spakbor a la motor sport memberikan ruangan kosong yang cukup besar karena fork depan yang juga panjang. Efeknya seperti baju kedodoran, harusnya dibuat agar tampak rapat.
Mengganti dengan spak bor bebek akan mengurangi aura sportnya, sehingga banyak yang mengganti suling shockbreaker depan dengan kepunyaan Jupiter Z lama. Bentuk forknya juga seperti cub asli, yaitu as roda berasa di depan as fork. Agar lebih berkesan sport harusnya menggunakan fork seperti Satria 120R, dengan dimensi yang diperbesar.
Fitur
Fitur yang diusung motor ini lumayan lengkap. Monoshock, lampu sein dan lampu senja yang ber-arura R1. Begel belakang juga bentuknya bagus, serasi dengan buntutnya. Versi sekarang hanya menyediakan versi velg CW baik yang kopling manual maupun otomatis.
Ketika melewati jalan berlubang, bergelombang atau polisi tidur, saya rasa redaman monoshocknya nyaman sekali.
Fitur yang baru ada di Indonesia adalah Balancer Stang yang bisa berputar (hal yang sama diterapkan di Vixion). Bertujuan agar ketika motor jatuh menjadi lebihaman karena tidak langsung terbentur melainkan ada sedikit pergerakan.
Namun ada beberapa hal yang kurang sreg, dan kalo diupgrade pasti akan mendongkrak penampilan:
  • Masih menggunakan kunci konvensional, akan lebih aman kalo menggunakan kunci magnetik seperti halnya yang digunakan Mio Soul, New Jupiter Z atau Xeon.
  • Tidak ada fitur bagasi, hal ini yang menyebabkan banyak yang berlaih ke merk lain. Fans Yamaha pasti ingin memiliki motor ini, namun kalo dia menggunakannya sebagai kendaraan keluarga maka fitur bagasi diperlukan. Walau bagaimanapun Jupiter MX tetaplah motor bebek.
  • Tombol-tombol dan spion persis seperti yang digunakan Mio (juga bebek lain). Kesannya kurang gahar untuk Jupiter MX.
Banyak juga yang mempermasalahkan tentang bentuk swing-arm yang ujungnya gepeng, namun di sebelah dalam. Swing arm seperti itu sebenarnya tidak masalah dari segi teknis, Vixion pun menggunakan model yang sama.
Kalo menurut saya juga, bentuk speedometer dan lampu belakang juga terlalu sederhana, kalo diganti seperti yang digunakan Yamaha X1R pasti lebih keren:
Performa
Untuk performa motor ini mengandalkan torsi yang besar(11,65 n.m (1,165 kgf.m) / 5500 rpm). Untuk kecepatan 0 – 80 km/jam (versi speedometer) mudah dikail. Sepertinya hal ini sudah umum di motor-motor berkarakter over stroke. Kelemahannya dari 80 km/jam naikya pelan-pelan. Jadi tidak heran jika Jupiter MX kalah di top speed dengan Satria FU maupun CS1 yang overbore.
Jadi motor ini cocok untuk stop-go dan tanjakan, ataupun ketika menyalip kendaraan lain.
Saya pernah mencoba berboncengan lebih dari 2 di tanjakan sepanjang 1 km, dengan bobot penumpang kurang lebih 150 kg (jangan ditiru), gigi 3 masih kuat sampai akhir tanjakan dan jalannya lumayan cepat.
Saya bandingkan dengan Shogun 125, pertama gigi 2, kemudian harus diturunkan ke gigi 1 sampai akhir tanjakan.
Tanjakannya kurang lebih seperti ini:
Kalo dari program Global Mapper, terlihat seperti ini:
Mengenai konsumsi bahan bakar, saya belum pernah membuktikannya. Banyak yang bilang boros, namun tidak sedikit yang bilang irit. Kalo dari feeling memang subyektif, tergantung komparasinya.
maskurblog.wordpres.com

29 komentar:

Unknown mengatakan...

Permisi mas.. Ane mau nanya nih, motor ane jupiter mx tahun 2010 ini punya problem yg ane gak ngerti. Problemnya pas mesin lagi hidup dan tiba tiba mesin ngedrop / mati sendiri, apa itu problemnya di kipas radiator? Mohon diberikan masukannya. Terima kasih :)

Anonim mengatakan...

Masalah agan Goldy sama persis ama masalah ane,

Unknown mengatakan...

Busi menurut saya paling sering dijumpai MX model 2009 kebawah.

Unknown mengatakan...

Gan saya mau nanya,gmn cr reset adometer new mx,soalnya py saya km dah 99999,thank's

Unknown mengatakan...

Gan saya mau nanya,gmn cr reset adometer new mx,soalnya py saya km dah 99999,thank's

Unknown mengatakan...

Gan saya mau nanya,gmn cr reset adometer new mx,soalnya py saya km dah 99999,thank's

Unknown mengatakan...

Gan saya mau nanya,gmn cr reset adometer new mx,soalnya py saya km dah 99999,thank's

Unknown mengatakan...

Gan mo tny, motor ane jupiter mx 2007, kmrn di service di bengkel resmi yamaha, ktnya air radiatornya kosong, abis di service, pas ane starter kok malah ada yg muncrat air radiatornya, selang brp jam malah ga bisa di starter, apaan masalahnya ya, padahal sblm ane service aman2 aja tuh motor.memangnya radiator itu pengaruh sm sistem pengapiannya atau cuma akal2an mekaniknya aja ya

Unknown mengatakan...

Gan sy mau tanya motor ane mx 2008 masuk gigi 1 suka loncat dan buka tutup handle gas gak halus seperti klo buka loncat trs tutup ngeden...

Anonim mengatakan...

Gan, ane mau tanya,,,Jupiter MX sy taun 2010 (kopling otomatis), klo Jalan agak nanjak n abis poldur agak lemot,, beberapa mekanik bengkel bilang kendalanya di mangkok n kanvas kopling ganda...Skrg udh ane ganti 1 set,,tp tarikan motor msh agak lemot jg terutama pas abis poldur n jln menanjak pdhl gigi rendah, apa ada kendala lain mungkin gan ? Trims

Unknown mengatakan...

Sama mungkin kaya mx ane 2007..tarikan berat..kalo gigi 1 max berapa km/jam mas

Unknown mengatakan...

Mas saya mau tanya,, mx sya 2014. Klo di bawa jalan terdengar seperti suara klep. Tp klo di panasin/gk di msuk kn gigi dia gk bunyi,, kira2 apanya thu maz, mhon solusinya

Unknown mengatakan...

Punya ane jupiter mx lawas thn 2010. Cuma ganti knalpot satria F lawas dan sok depan di turunin udah keliatan manis.. biar tambah manis spion nya di kecilin gan.

Unknown mengatakan...

mau nanya ni gan motor ane sering terjadi kalau jalan itu tiba2 gas motor itu nga mau naik alis gas kendor kecuali tarik cok. baru stabil.
kadang juga pas ngebut..
pas tiba2 rem trus narik gas lagi malah mator mati..
motor JUPITER MX NEW 135 keluara ke-2.
mohon bantu solusinya tmn2.
makasi

Unknown mengatakan...

mau nanya ni gan motor ane sering terjadi kalau jalan itu tiba2 gas motor itu nga mau naik alis gas kendor kecuali tarik cok. baru stabil.
kadang juga pas ngebut..
pas tiba2 rem trus narik gas lagi malah mator mati..
motor JUPITER MX NEW 135 keluara ke-2.
mohon bantu solusinya tmn2.
makasi

Unknown mengatakan...

Sama tuch MX gw 2010, sudah ganti kampas sdh ganti mangkokan, smoai sekarang blm ada solusi.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Mana adminnya ne.. Orang pada nanya koq tak d jawab sich...

YogaTempe mengatakan...

bang mau nanya nih . jupiter mx kopling 2006 punya ane kalo pas mau jalan lepas kopling malah mati kenapa ya bang . jadi gas nya harus gede baru bisa jalan :(

Iyan mengatakan...

Mau nanya nih gan. Jupiter mx 2009 yg kupling otomatis. Kalau gigi 1 dan 2 itu motor ndet ndetan kenapa ya? Kalau ngebut sih engga. Udh di ganti kampad kopling nya tetep aja

Unknown mengatakan...

Mohon pencerahannya gan,ane pnya mx kopling 2007..dan skrng lagi da kendala mtr tu kurang tenaga,dan kopling terasa nahan halhasil mtr ane jdi kagak da tenaga...mohon pencerahannya...mksh

Unknown mengatakan...

mas saat di engkol dinamo stater ikut muter apa masalah nya dan apa solusinya mohon bantuanya..?

Unknown mengatakan...

mas saat di engkol dinamo stater ikut muter apa masalah nya dan apa solusinya mohon bantuanya..?

Unknown mengatakan...

Salam persahabatan gan ....
Ane senang dengan jupiter mx cw 2007 masalah yg terjadi pernah "ngempos" dan kebetulan juga karbu error tidak bisa di setting ... maka ane upgrade dengan silinder head + piston vixion , karbu juga ane ganti pakai PE28 ... yg jadi masalah adalah saat ini kalau mau dihidupin pakai starter maupun engkol seperti ngelos ... maaf kira² apanya ya gan ? Apa kanvas ganda atau mangkok maghnitnya ? O iya ane beli motor itu kondisi memang parah ... makasih gan sebelumnya , kalau bisa di bantu keterangan lewat email ya gan ... terima kasih

Hanet System mengatakan...

Dekompresinya cek
Tapi setau ane emang kalo jupiter mx itu enteng di stater atau di engkol karna ada dekompresi kecuali ganyala baru dah tuh salah pemasangan

Kalo mau bertanya yang lain bisa wa 081818988966

Unknown mengatakan...

Motor jupiter mx saya tahun 2008 kalau dipake rpm atas itu cman suaranya aja yang besar tpi gak ada larinya...itu masalah pada apanya ya...

Unknown mengatakan...

Itumah gaada langsamnya kalbulatornya bang

Y. Hariyanto mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Y. Hariyanto mengatakan...

Bos saya mau nanya nih, Saya Punya Yamaha MX ( Blue Limeted Versy ) Th 2009. Sekian lama saya pakai gak pernah ada masalah berarti, cuma akhir akhir ini kalau saya pakai lama dan panas mesin, timbul suara ngik ngik ngik seiring suara putaran mesin stasioner, namun kalau kita panteng gas ilang suaranya, dan kalau mesin sudah stop lama/dingin, suara itu gak timbul, tapi kalau sudah panas bunyi lagi. Kalau boleh tau karena apakah hal tersebut terjadi Bos....? Mohon pencerahannya barang kali teman teman ada yg mengalami hal serupa boleh Sharing di WA 081327908010. Terima kasih sebelumnya.

SELAMAT DAN SUKSES ATAS TERPILIHNYA SODARA MUHAMMAD NUR RAMADHAN SEBAGAI PRESIDEN JMC INDONESIA,SODARA ARIEF R. SUNARYA SEBAGAI SEKJEN,SODARA SOFYAN DWIYANTO SEBAGAI HUMNAS,PRIODE 2014-2016,SEMOGA JMC INDONESIA DI BAWAH KEPEMIMPINAN ANDA SEKALIAN MENJADI LEBIH BAIK DAN MAJU